
PETUNJUK CARA PENDAFTARAN RAWAT JALAN PASIEN DI PROFASKES
Front office itu sendiri berasal dari kata Bahasa inggris yang berarti, “Front” artinya depan dan “Office” artinya kantor. Berdasarkan kata tersebut dapat diartikan bahwa Front office di profaskes adalah guest service area atau sebuah area pelayanan pasien yang terletak dihalaman depan website atau system yang bertanggung jawab dalam proses pelayanan seorang pasien baik saat proses check-in maupun check-out. Selain hal tersebut front office bisa dikatakan sebuah dapertement yang disebut menjadi sebuah kesan pertama seorang pasien di Aplikasi Manajemen Klinik ini, oleh sebab itu orang orang yang bertugas untuk melayani pasien harus bisa memberikan pelayanan kepada pasien dengan baik dan juga mengetahui segala informasi tentang profaskes ini.
- Fungsi dan Tugas Front Office
1. Melakukan penjualan atau promosi pada profaskes
Ini merupakan bentuk dari aktifitas atau kegiatan untuk menjual atau mempromosikan sebuah aplikasi manajemen klinik
- Menerima pasien yang masuk
- Menangani keluhan dari pasien
- Mengelola pendaftaran dari pasien
- Menentukan klinik yang dituju oleh pasien
2. menyampaikan segala informasi tentang profaskes
- Menyampaikan informasi tentang pelayanan yang ada di profaskes ini.
- Menyampaikan informasi tentang fasilitas apa saja yang ada di profaskes.
3. Mengkoordinasi pelayanan terhadap pasien.
4. Menyusun laporan status dari kondisi pasien.
5. Mengurus transaksi yang dilakukan oleh pasien.
6. Menyusun riwayat kunjungan dari pasien
7. melayani segala komunikasi via telpon, email dll.
- Tujuan Front-Office
Tujuan utama dari front office sendiri yaitu :
- Dapat meningkatkan pengunjung
- Dapat meningkatkan jumlah pelanggan
- Dapat memenuhi semua kebutuhan dan kepuasan dari pasien
- Berusaha untuk membuat citra dari profaskes menjadi baik dan positif di mata orang banyak dan pasien.
Pada profaskes ini untuk bagian modul aplikasi ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Pendaftaran Pasien, Rawat Jalan, Penjamin, Tindakan, Kasir Pembayaran, Permintaan Surat Keterangan Berobat, Dokter dan Sehat.
- Pendaftaran Pasien
Pendaftaran pasien adalah tata cara penerimaan pasien yang akan berobat ke poliklinik ataupun yang akan dirawat merupakan sebagian dari sistem prosedur pelayanan Rumah Sakit. Di Profaskes sendiri telah menyediakan fitur Pendaftaran Rawat Jalan yang memudahkan pasien untuk melakukan pendaftaran rawat jalan
Baca juga : PETUNJUK CARA PENDAFTARAN RAWAT JALAN PASIEN DI PROFASKES
- Rawat Jalan
Rawat jalan adalah pelayanan medis kepada seorang pasien yang bertujuan untuk melakukan pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya kepada pasien, tanpa mengharuskan pasien tersebut dirawat inap disebuah rumah sakit atau klinik.Profaskes sendiri telah menyediakan fitur untuk rawat jalan untuk pasien yang mempermudah pasien untuk mendaftar.
- Penjamin
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penjamin adalah orang atau badan usaha yang menjamin. Arti lainnya dari penjamin pada profaskes adalah orang yang bertugas menyeleksi risiko untuk kepentingan bagi pasien dan menentukan berapa nilai serta persyaratan apa saja yang harus dikenakan terhadap risiko tertentu. Jadi penjamin ini bertugas untuk menjamin seorang pasien tersebut supaya tidak terjadi kesalahan saat pemeriksaan.
- Tindakan
Pada aplikasi manajemen klinik ini cepat melakukan tindakan terhadap para pasien yang melakukan pemeriksaan, berobat dll.
- Kasir Pembayaran
Disini para pasien bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan simple.
- Permintaan Surat Keterangan Berobat
Maskud dari surat keterangan berobat adalah sebuah surat yang berisi tentang penjelasan bagaimana keadaan pasien tersebut yang berisikan penyakit apa yang diderita oleh pasien.
- Dokter dan Sehat
Disini juga terdapat penjelasan tentang dokter dokter yang ada di profaskes ini dan ada juga penjelasan tentang kesehatan.
Itu lah sedikit penjelasan tentang front office di Aplikasi Manajemen Klinik Murah ini semoga bermanfaat untuk para pembaca dan juga menambah wawasanya
Terima Kasih………